Rabu, 23 Maret 2011

Internet Marketing

Pengertian Internet marketing:
secara garis besar adalah melakukan suatu tindakan pemasaran produk atau suatu jasa yang di pasarkan melalui media internet (online). Dalam Pengertian Internet Marketing di sebut juga e-marketing atau e-pemasaran (electronic) dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline.
Internet Marketing (emarketing) is the process of growing and promoting an organization using online media.” (Wikipedia)

Itulah definisi Wikipedia, yang sering dijadikan rujukan otoritatif bagi para netter. Melanjutkan definisi itu, wikipedia menuliskan bahwa metode di dalam emarketing termasuk: search engine marketing, display advertising, e-mail marketing, affiliate marketing, interactive advertising and viral marketing.

Definisi itu sangat cocok untuk perusahaan yang berbasis dunia nyata (brick and mortar business) yang menjadikan Internet hanya sebagai sebuah media.
Sebagai “sarana baru” atau “pasar baru”, Internet hanya menjadi bagian kecil dari sebuah upaya marketing perusahaan yang jangkauannya sangat luas. Dalam pengertian ini, emarketing mungkin sangat dekat dengan fungsi promosi dan penjualan (sales) di dalam pengertian marketing tradisional.

Tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi sepenuhnya di Internet (pasar, produk, layanan, interaksi, transaksi), seperti perusahaan mesin pencari (search engine), layanan hosting, social networking, dsb, pengertian emarketing tersebut terlalu sempit. Bahkan, untuk sebuah situs pribadi atau blog yang sepenuhnya hidup di dunia virtual, kebutuhan akan emarketing jauh lebih luas daripada sekedar promosi dan penjualan.
Untuk perusahaan-perusahaan yang hidup di sepenuhnya di Internet, pengertian marketing yang umum mungkin lebih tepat. Meminjam kembali definisi dari Wikipedia, “Marketing is the process of identifying the consumers’ wants and needs and making the product to satisfy these.”
Di dalamnya, ada aspek strategis, ada aspek teknis. Rasanya pengertian itu lebih pas. Supaya emarketing tidak hanya berkisar pada SEO, emai marketing, affiliate marketing yang merupakan satu bagian dari sebuah aktivitas marketing yang komprehensif.
E-Marketing (Electronic Marketing) : Definisi dan Manfaat

Pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. Yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.
Sedangkan menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.

eMarketing: definisi dan strategi
Apa itu www eMarketing?
World Wide Web (www) telah menyediakan roda besar di bidang perniagaan bagi banyak perusahaan. Melalui media tersebut, para pemain bisnis mendapatkan menfaat kecepatan, efisiensi, dan efektivitas pengeluaran dari penggunaan website untuk mendapatkan kembali keuntungan investasi dari periklanan dan kampanye promosi yang tidak didapatkan dalam promosi media tradisional.
Beberapa bentuk aktivitas eMarketing yaitu iklan banner/tombol dan link-link website, email marketing dan newsletter, afiliasi marketing, klasifikasi produk online, dan pemanfatan mesin pencari.
Bentuk-bentuk aktivitas tersebut dapat mewakili keseluruhan kegiatan marketing perusahaan dengan mengarahkan calon konsumen mengunjungi sebuah website penjualan online yang dimiliki perusahaan tersebut untuk meningkatkan statistik kunjungan dan penjualan.

Apa saja Manfaat Bisnis www eMarketing?
Beberapa manfaat yang diperoleh dari eMarketing antara lain:
• Branding. Produk, layanan, logo-logo perusahaan, dan penawaran dapat ditampilkan secara visual, bahkan saat ini semakin marak dengan audio dan video streaming yang terpasang melalui media internet.
• Direct Response (respon langsung). eMarketing menawarkan kecepatan. User dapat merespon dengan mudah dan cepat. Tentu hal ini mengantarkan pebisnis dalam mendapatkan hasil dengan segera dari kegiatan usaha promosi dan iklan melalui internet.
• Targeting (penentuan target pasar). Dengan teknologi yang digunakan (seperti rss, milis, forum, maupun kode-kode website tertentu) dapat mentarget pengguna atau calon konsumen.
• Tracking (pelacakan). Elemen yang paling kuat dari eMarketing ialah, hampir apa saja bisa dilacak dan bisa dilihat secara instan. Ini berarti, jika ada sesuatu dalam sistem yang tidak bekerja, anda bisa mengatasinya.
• Return on Investment (kembali modal). Karena kekuatan tracking yang begitu bagus, anda bisa memastikan bahwa modal anda dapat kembali. Dengan dapat menentukan seberapa banyak orang yang melakukan klik terhadap banner iklan atau link email, para pemilik usaha dapat mengkalkulasi kembalinya modal investasi dengan mudah.
• Inexpensive (tidak mahal). eMarketing, terutama email dan membeli keywords (kata kunci) pada mesin pencari internet adalah relatif murah, bahkan bisa dikatakan sangat murah. Biaya email biasanya sudah tergabung dengan biaya koneksi kepada Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider) yang masuk dalam layanannya. Pembelian keyword dapat dilakukan kepada perusahaan search engine seperti Google dan Yahoo.

Apa saja Tipe www eMarketing yang Digunakan?
Pemasaran secara online (eMarketing) dapat dikategorikan dalam beberapa elemen yang tertulis dalam poin-poin di bawah ini. Setiap metode mempunyai tujuan yang spesifik dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum anda melakukan investasi eMarketing, pastikan anda menggunakan elemen yang tepat.
• Banner Advertisement (iklan melalui banner). Adalah file grafis (biasanya berukuran 468 x 60 pixels) yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli membeli produk anda.
• Sponsorship. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin sebelumnya.
• Classified Listings (daftar produk terklasifikasi). Seperti pada klasifikasi di surat kabar, klasifikasi online merupakan cara yang sangat baik memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti di http://www.ebay.com.
• Email Marketing (pemasaran melalui email). Email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah cara dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda. Cara kedua, dengan secara langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.
• Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi). Para pengiklan yang menjual produknya secara online dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan produk. Contoh website yang menerapkan sistem afiliasi ini adalah http://www.amazon.com.
• Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari). Banyak pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Kebanyakan orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi mereka mencarinya di situs mesin pencari tersebut. Oleh karena itu, jika perusahaan anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling dahsyat yang anda lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan terlampir di mesin-mesin pencari tersebut. Sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti yang tersebut di atas. Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda terindeks pada mesin pencari tersebut yang dikenal dengan Search Engine Optimization.
• Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial). Beberapa situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp dapat anda gunakan sebagai senjata eMarketing anda. Beberapa situs social network yang mengijinkan menyertakan audio atau video klip antara lain: www.YouTube.com, www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.Grouper.com. Facebook dan Friendster juga menyediakan fasilitas embed audio dan video. Menggunakan situs jejaring sosial merupakan cara efektif untuk mendemonstrasikan kemampuan pengetahuan dan komunikasi anda. Banyak sekali situs jejaring sosial yang menyediakan kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang lain dan saling memberi komentar. Namun hati-hati, jangan menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati, karena hal tersebut dapat menjadi boomerang dan menjatuhkan reputasi anda.

keywords: emarketing, e-marketing, e-business, ebusiness, strategi, pemasaran, ecommerce
http://www.InternetMarketingTerbaik.com

Internet marketing ditelaah dari segi bahasa :
Berasal dari dua suku kata , yaitu internet dan marketing.Jika kita rinci , Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan orang satu dengan lainnya, sedangkan marketing adalah ilmu dalam menjual barang atau memasarkan sesuatu. Jadi internet marketing secara lengkapnya adalah cara memasarkan sesuatu lewat internet.
Internet marketing ditelaah dari sudut bisnis ,
Hampir semua perusahaan besar telah memanfaatkan internet marketing untuk melebarkan sayap pemasarannya. Expansi besar-besaran perusahaan lewat internet marketing telah menciptakan banyak lapangan kerja baru , yang saat ini telah menjadi sebuah gengsi tersendiri dikalangan tertentu
Internet marketing ditelaah dari sudut pekerjaan :
Sudah barang tentu merupakan hal yang baru bagi sebagian orang , dan dibagian lain telah menjadi darah daging yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Dan pekerjaan di bidang internet marketing telah menjadi sebuah mata sumber penghasilan bagi banyak org di dunia
Internet marketing dipandang dari sudut hasil :
Bisa jadi orang akan bangrut jika tidak tahan banting dan tidak sabar , dan bisa jadi orang akan cepat kaya raya jika cerdik,sigap dan cepat dalam bertindak. Banyak org yang kaya raya dari internet marketing. banyak orang yang bersyukur bisa mengenal internet marketing ini , dan banyak pula yang jera,putus asa dan kalah sebelum bertanding .
Internet marketing dilihat dari terciptanya pekerjaan baru :
Dari internet kita ketahui banyak sekali tercipta lapangan kerja baru,dimulai dari penyediaan perangkat keras,seperti komputer,laptop,dan lain-lain, Kemudian software yang diciptakan untuk memudahkan dalam ber internet marketing .Ada bagian yang menyediakan koneksi internet ,ada bagian yang menjual domain, bagian yang menjual hosting,lalu bagian jaringan, kabel,dan lain-lain. Masuk kedalam, terciptalah bergai jasa , seperti jasa pembuatan website,jasa pembuatan layout website ,jasa mengimput kontent ke website , jasa merawat website , jasa pengoptimalan website , jasa jual beli website dan lain-lain .
Dilain pihak internet telah menumbuh suburkan pendidikan di bidang ini, karena begitu antusiasnya orang-orang untuk mepelajari internet marketing , maka terciptalah ratusan lembaga pendidikan yang khusus mengajarkan internet marketing . di Indonesia sendiri salah satu lembaga pendidikan internet marketing terbesar yang berbadan hukum yang saya ketahui bisa anda lihat disini , lembaga pendidikan lain seputar internet marketing yang cara pembelajarannya lewat ebook bisa lihat disini.
Lepas dari dunia pendidikan , lapangan kerja baru internet marketing , adalah dibidang iklan. Dari iklan , sudah ratusan miliar dollar diserap. Beberapa bisnis iklan terbesar contohnya adsense, citika, YSM (yahoo Search marketing)dan lain-lain. Itu bisnis iklan di luar negeri, yang didalam negeri contohnya kumpulblogger ,kliksaya , ppcindo, adsensecamp , dan lain-lain.
Lapangan kerja internet marketing lainnya adalah : PTR (Paid to Review) yaitu kita akan dibayar untuk melakukan review atas sebuah produk.
PTC , (Paid to clikck ) yaitu kita akan dibayar jika kita mengklik iklan .
PTS ( Paid to Survey) kita akan dibayar saat kita melakukan sebuah survey atas produk, dan sebagainya .
Internet marketing juga telah menyuburkan penyebaran ilmu lewat penjualan buku , baik buku elektronik(ebook) atau pun buku organik(buku secara fisik), dan ini akhirnya ikut pula mendongkrak bisnis jasa antar barang. Di tingkat internasioanl, clickbank adalah salah satu pioneer dalam mengorganisir penjualan ebook, sedangkan amazon.com adalah salah satu pemrakarsa penjualan buku fisik keseluruh dunia. Kita sebagai calon atau pelaku internet marketing , bisa ikut menikmati hasil dari jaringan penjualan buku ini dengan menjadi “pialang” yang lebih dikenal dengan affiliate.
Lepas dari bisnis buku, internet marketing tercatat mampu pula untuk menjual aneka barang fisik lainnya, mulai dari peniti,kancing,televisi,laptop, dan bahkan pernah terjual kapal laut. Salah satu pioneer dibidang penjualan barang fisik adalah ebay, dan kemudian belakangan amazon mulai ikut memasarkan barang2 sejenis.
Untuk bidang cashbill atau alat pembayaran , internet marketing telah menciptakan sebuah mata uang baru yang dipercaya lebih aman. Paypal adalah salah satu yang tebesar yang menguasai pangsa pasar bidang penanganan pembayaran antara pembeli dan penjual. Sebagai pelaku internet marketing , sudah seperti “kewajiban” untuk memiliki paypal ini.
Internet Marketing Indonesia
Belakangan ini di indonesia, internet marketing telah meningkat pesat pertumbuhannya. Secara grafik, untuk Indonesia kata kunci internet marketing telah menempati urutan pertama pencarian di dunia. Ini bisa di artikan bahwa indonesia akan segera menuju ke sebuah gerbang baru dalam menyongsong teknologi masa kini. Orang-orang indonesia yang telah lebih dulu berkecimpung di internet , bahu membahu memberikan pelatihan kepada teman ,saudara, kerabat dan lainnya.
Diatas saya sempat singgung atas berdirinya lembaga pendidikan internet marketing , yang bisa jadi hal itu adalah “GONG” dimulainya era baru bisnis internet marketing .
Nah..menutup tulisan soal internet marketing ini, saya yang notabene adalah termasuk pelaku baru di dunia internet ini, tidak bisa serta merta mengatakan bahwa bisnis di internet akan selalu menjanjikan . Tapi sebagai orang baru pula saya bisa berkata , bahwa internet memang telah memberikan kepada saya “sedikit” penghasilan, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Macam – macam jenis pengguna wefsaite dan pengguna internet.

Sebenarnya siapa saja para pengguna internet di seluruh dunia? sekarang sepertinya semua orang sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari harinya. Bahkan banyak juga yang menggantungkan hidupnya dari internet. Pelaku bisnis online dan internet marketer misalnya. Mereka menghabiskan waktunya di atas keyboard untuk menangani bisnis mereka yang dijalankan secara online. Mahasiswa juga menggunakan internet ketika mereka mencari data dan bahan bahan untuk makalah atau skripsi. Anak sekolahpun demikian, mereka menggunakan internet untuk mendapatkan bahan dan referensi tugas tugas sekolah seperti paper dan lain sebagainya. Saya kita tidak diragukan lagi jika semua orang kini menggunakan internet.
Pengguna internet di seluruh dunia terbagi menjadi beberapa bagian jika dilihat dari cara menggunakannya. Pertama: Pengguna murni, User ini sepenuhnya menggunakan internet untuk keperluan dirinya, maksudnya mereka menggunakan internet untuk mencari data, baik itu lagu, makalah, artikel, paper, berita, tips dan trik dan lain sebagainya dan tidak ada maksud lain kecuali untuk dikonsumsi secara pribadi atau dibagikan kepada orang lain secara langsung (tidak melalui website, blog dsb).

Kedua, Perusahaan. Perusahaan menggunakan website atau blog sebagai media promosi dan memperkenalkan perusahaan mereka secara lebih luas melalui internet. Website perusahaan biasanya berisi terutama profil perusahaan (company profile), produk produk, servise, info layanan, info kontak, alamat lokasi perusahaan dan beberapa kegiatan perusahaan seperti kegiatan peduli, kegiatan amal dan lain sebagainya.

Ketiga, Website pemerintah. Website ini digunakan oleh pemerintah untuk informasi terbuka yang bisa diakses oleh siapapun pengguna internet dan berisi informasi tentang program pemerintah, informasi pembangunan dan informasi informasi lain yang berkaitan dengan pemerintahan. Setiap Departemen yang ada dalam pemerintahan mempunyau website sendiri sendiri sesuai bidang yang ditangani.

Keempat, website instansi. Maksudnya adalah seperti website khusus milik sekolah, Institut, Universitas dan lain sebagainya. Website ini berisi informasi tentang yang berkaitan dengan instansi. Seperti website Universitas, berisi informasi pendaftaran mahasiswa baru, informasi susunan kepengurusan, repositori, data mahasiswa dan info lain seputar kegiatan kegiatan kampus.

Kelima, Website bisnis online. Website ini jelas berisi informasi bisnis online dan produk produk bisnis online dan bahkan dipenuhi oleh iklan iklan, rekomendasi dan link link yang mengarah ke penjualan pada titik akhirnya. Terdapat banyak sekali bagian bagian yang mengarah ke komersial dan memang itulah tujuan utama dibuatnya website tersebut. Jenis ini sedikit berbeda dengan blogger.

Keenam, Blogger. Para blogger secara umum adalah orang orang yang membuat blog dan mengisinya dengan apa saja sesuai yang mereka inginkan. Bahkan banyak blog yang hanya berisi curahan hati, cerita harian, cerita keluarga dan hal hal pribadi lainnya. Dalam blog ini biasanya tidak ada bagian making money nya. Tetapi seiring perkembangan bisnis online, blog blog semacam ini sekarang juga banya berisi iklan iklan baik itu PPC, survay online, PTC, link afiliasi dan lain sebagainya. Hal itu karena memang sangat terbuka kemungkinan untuk digunakan sebagai penghasil uang tambahan atau penghasilan sampingan. Fakta banyak blogger yang tidak menggunakannya sebagai media mencari uang. Banyak juga blog yang hanya digunakan untuk menyebarkan kebaikan dan dakwah. Seperti contoh ada blog yang hanya berisi kumpulan khotbah jum'ah misalnya.

Ketujuh, Pengguna Social media. Mereka menggunakan internet untuk aktifitas bersosial lewat internet. Kenapa saya membuat point sendiri untuk pengguna social media ini. Fakta social media begitu mencengangkan. Pengguna Facebook kini mencapai lebih dari 450 juta pengguna aktif jauh melebihi pengguna layanan Email gratis seperti Gmail dan Yahoo!. Coba kita pelajari bersama pendapat saya berikut ini..benarkah?. Seseorang yang mempunyai akun Gmail dan Yahoo belum tentu mengkases akun email mereka setiap hari. TAPI mereka pasti mengakses Faceboo atau Twitter setiap hari atau bahkan setiap jam. Bagaimana? Fakta juga banyak orang menggunakan internet hanya untuk sosial media facebook misalnya.

Itulah menurut saya jenis pengguna internet dalam menggunakan internet. Dari semua macam jenis tersebut, bisa saja menjadi pengguna kesemuanya. Pe bisnis online dan internet marketer misalnya. Mereka mempunyai website, membuat dan mengelola blog (sebagai blogger), mengakses informasi dari mana saja, dan pastinya mereka juga sebagai pengguna social media. Tidak bisa digambarkan betapa kompleknya jika dibuat sebuah tabel. Pada saat ini bisa saja semua orang menjadi semua jenis pengguna internet. Perpaduan semua elemen yang ada digunakan dalam berinternet.

Para blogger yang ber bisnis online di internet tentunya bukan saja mengelola blog, tetapi mereka juga menggunakan social media, mereka juga mengakses apa saja yang bisa diakses yang kesemuanya berkaitan untuk mendukung kegianan blogger dan bisnis online. Nah bagaimana dengan Sobat? apa sobat termasuk blogger yang hanya ngeblog dan tidak mencoba cari uang di internet? atau Sobat hanya menggunakan internet untuk berfacebook dan bertwitter ria? atau sobat hanya menggunakan internet untuk mencari informasi sesuai kebutuhan Sobat? atau bahkan Sobat menggunakan semuanya bersama sama?





Keuntungan dan kerugian dari internet marketing
Apa keuntungan dan kerugian dari internet marketing °?
1) Keuntungan MarketingNowadays orang internet dapat dengan mudah menjelajahi di web karena harga yang rendah yang ditawarkan di pasar. Akibatnya banyak orang yang terhubung di dunia dan mereka semua melihat advertisings ketika mereka berada di internet. Bahkan pesan atau iklan dengan mudah bisa dilihat. Internet Marketing adalah Pemasaran masa depan karena hanya dengan meletakkan sebuah iklan di internet dapat dilihat oleh semua orang yang dihubungkan di dunia. Cara pemasaran yang lebih baik daripada semua cara orang lain Pemasaran karena tidak terlalu expensive.An keuntungan lainnya adalah fasilitas melakukan Internet Marketing . Yang berlaku dengan semua orang teknologi baru dapat dengan mudah melakukan semacam itu Pemasaran dengan sedikit pengalaman. internet Hari ini membantu Anda everydays oleh banyak hal yang sangat berguna. Akibatnya Anda dapat dengan mudah melakukan belanja Anda di supermarket virtual dan Anda memilih semua produk yang Anda inginkan dan Anda menerima mereka satu atau dua hari setelah perintah, Anda dapat menampilkan rekening bank anda dengan satu atau dua clics.
Dengan internet marketing tidak ada pasar untuk komputer tua. Hal ini dapat membuat Anda merasa terisolasi dan sangat dalam. It "tms sangat sulit untuk mengetahui apakah orang berbohong. Ada dapat banyak kompetisi untuk industri, ini dapat membuat Anda lebih bingung daripada jika ada disajikan dengan banyak informasi yang buruk Anda tidak. Mungkin tidak dapat mengatakan siapa yang harus memilih ).

2 Kelemahan internet MarketingYou dapat meninggalkan pengusaha yang merasa terisolasi . Kita dapat mengatakan bahwa informasi tersebut kelebihan beban. Kita juga bisa berbicara tentang fleksibilitas dari internet marketing dengan perusahaan promosi di Internet yang dapat dengan mudah mengubah dan mendapatkan hak arah segera setelah perusahaan mulai bekerja. Jika anda ingin mendapatkan informasi dengan cara lain dari negara-negara ini, Anda mungkin akhirnya harus pergi ke sana Mereka menginginkan keamanan yang lebih dalam pembelian mereka.. Sebagai akibatnya semua usia komputer yang tidak jadi "TMT memiliki internet dipotong dari pasar ini dan jika mereka ingin masuk ke pasar yang mereka harus berinvestasi di komputer dan menghabiskan banyak uang pada perusahaan. Dengan semua sistem baru keamanan, lebih dan lebih sulit untuk menemukan konsultan yang memenuhi syarat yang menjamin pemeliharaan material dan yang mengatur sebagian besar masalah teknik. Sebagai contoh "Membuat uang cepat dengan melakukan NOTHING", terdengar akrab? Anda telah pasti menerima email yang mengatakan sesuatu yang serupa.




































A. Latar Belakang

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan tingkat pendidikan yang semakin maju maka banyak bermunculan tenaga ahli dalam berbagai bidang disiplin ilmu, SPRH, Biologi, Ekonomi, Farmasi, Pertanian, Hukum Teknoogi Pangan, Teknik kimia, Teknik Elektro dan lain-lain.
Kami memilih judul “Strategi Pemasaran di Perusahaan Jamu Sido Muncul” untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Sido Muncul dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan jamuy dan farmasi lainnya.

Tujuan Adapun tujuan kami membuat tugas ini adalah :
1. Agar masyarakat dapat mengetahui perkembangan PT Sidomuncul

2. Sebagai media analisis pemasaran PT Sidomuncul

C. Rumusan Masalah

1. Bagaimana analisis lingkungan internal PT Sidomuncul?

2. Bagaimana analisis lingkungan external PT Sidomuncul?

3. Bagaimana analisis SWOT PT Sidomuncul?









BAB II

STRATEGI PEMASARAN PT SIDOMUNCUL

A. Analisis Lingkungan Internal

1. Ringkasan profil

Sido Muncul bermula dari sebuah industri rumahan pada tahun 1940, yang dikelola Ny Rahmat Sulistio di Yogyakarta dengan hanya dibantu tiga karyawan, selanjutnya seiring dengan perkembangan jaman. Pada tahun 1951 didirikan perusahaan sederhana dengan nama Sido Muncul yang berarti “Impian yang terwujud” di Semarang. Dengan produk pertama dan andalan adalah jamu Tolak Angin produk Ny. Rahmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat.Dalam perkembangannya, pabrik ini tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat dan guna mengakomodasi permintaan pasar pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin modern. Untuk mengantisipasi di masa mendatang dirasa perlu untuk membantu pabrik yang lebih besar dan modern. Maka, pada tahun 1997 dimulai pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran. Pabrik baru tersebut diresmikan oleh Menteri Saat di resmikan, Sido Muncul mendapat dua sertifikat, yaitu cara Pembuatan Obat Tradisional Kesehatan dan Kesejahteraan Indonesia pada 11 November 2000. (CPOT) dan cara pembuatan obat yang baik (CPOB) setara dengan farmasi. Sertifikat inilah yang menjadikan Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi.

2. Visi dan Misi perusahaan jamu Sido Muncul
Visi
Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan
Misi
Meningkatkan mutu pelayanan dibidang herbal tradisional. Mengembangkan research, penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami. Meningkatkan kesaedaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional. Ikut mendorong pemerintah/instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.


3. Mega Marketik Mix
a. Produk
Sido muncul memproduksi berbagai macam produk yang beredar di pasaran, diantaranya :
- Jamu
- Jamu insntan
- Food supplement
- Dan lain-lain

b. Price/harga
Harga produk-produk sido muncul sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat

c. Place/tempat
Tempat produksi produk-produk sidomuncul berada di pabrik sidomuncul yang beralamat di jalan Soekarno Hatta km 28 Kecamatan Bergas – Klepu Semarang, Indonesia. Distribusi produk-produk Sidomuncul terjangkau di seluruh Indonesia di perkotaan maupun di pedesaan.

d. Promotion/promosi
Sidomuncul melakukan promosi dengan melakukan :

- Publikasi Lewat audio

Lewat visual

Lewa audio visual

- Promosi penjualan Dengan memberikan diskon
- Bantuan social
- Seminar kesehatan
Sponsor dari berbagai macam acara. Contohnya di acara inbox, Thomas cup dan uber cup.
e. Professional
perusahaan sido muncul mempunyai tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu, konsultan yang ahli dibidangnya. Perusahaan sidomuncul tidak ingin menghasilkan limbah yang dapat merusak alam, untuk menangani limbah air dipasang instalasi pengolahan air lembah sehingga air limbah dapat diolah menjadi air yang bias digunakan untuk menyiram tanaman. Sedangkan limbah padat dari buangan sisa ekstraksi akan diolah menjadi pupuk organic yang bias digunakan untuk memupuk tanaman. Dengan upaya penanganan limbah tersebut, diharapkan PT Sidomuncul menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, dan lokasi seputar pabrik menjadi asri karena tanaman tumbuh subur.

f. People/karyawan
Dalam meningkatkan produknya PT Sido Muncul didukung oleh karyuawan yang mempunyai keahlian. Untuk meningkatkan kemampuan para karyawannya diberikan kesempatan mengikuti pelatihan kursus maupun seminar.

g. Public/masyarakat sekitar
Diharapkan masyarakat dapat memberikan kritik saran untuk mengembangkan produk-produk sidomuncul.

h. Power/kekuatan
Perusahaan sidomuncul memiliki fasilitas pabrik yang lengkap. Fasilitasnya antara lain

1. Laboratorium
a. Laboratorium instrumentasi
b. Laboratorium farmakologi
c. Laboratorium formulasi
d. Laboratorium famakognost
e. Laboratorium stabilitas
f. Laboratorium kimia

2. Kebun percobaan dan budaya tanaman obat
3. Extraction centre
4. Pengolahan air bersih
5. Pengolahan air limbah
6. Perpustakaan
7. Klinik holistic.

Sumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai agrowisata yang digunakan untuk mengoleksi tanaman dan perusahaan Sido muncul merupakan perusahaan jamu pertama di Indonesia.

i. Pleasure
Penghargaan yang diterima Sido Muncul Golden Brand Award untuk produk Kuku Bima tahun n2005, penghargaan merk dagang unggulan Indonesia 2003, meraih cakram aword untuk kategori pengiklanan terbaik tahun 2002.

j. Performance
Perusahaan Sido Muncul menghasilkan produk higienis dan produk-produk Sido Muncul telah di kenal oleh masyarakat 2002


B. Analisis Lingkungan Eksternal

1. Lingkungan Mikro
a. Pemasok
PT Sido Muncul, mendapatkan bahan baku diperoleh dari pemasok luar/pengumpul dalam bentuk kering yang berasal dari Wonogiri, Purwokerto, Purworejo, Ambarawa dan Jawa Timur. Bentuk bahan baku berupa daun atau rimpang. Proses pembelian dilakukan setiap panen raya

b. Perusahaan
Perusahaan-perusahaan pesaing perusahaan Sido Muncul antara lain :

- PT Air Mancur
Produsen jamu dan kosmetika air mancur
- PT Industri jamu Borobudu
- PT jamu Iboe Jaya
- PT Industri jamu Jago
- PT jamu Indonesia Simona
- Dan lain-lain perusahaan farmasi

c. Perantara
Perusahaan Sido Muncul mempunyai banyak distributor untuk memasarkan produknya kepada konsumen seperti :
- Toko obat
- Apotik
- Toko klontong
- Swalayan
- Warung jamu
- Kasongan
- Dan toko kecil lainnya


d. Pelanggan
Perusahaan Sido Muncul telah mempunyai pelanggan dari masyarakat kelas atas menengah dan kebawah karena biasanya masyarakat lebih memilih produk herbal atau alami dari pada obat-obatan yang mengandung zat kimia karena pada obat-obatan zat kimia akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh.

e. Publik
Jamu biasanya lebih banyak di konsumsi oleh masyarakat pedesaan atau masyarakat tradisional karena jamu dibuat berdasarkan pengalaman dari nenek moyang yang turun menurun. Sehingga perusahaan Sido Muncul mengambil pengalaman tersebut kemudian memproduksi berbagai jenis jamu yang dapat bermanfaat menyembuhkan penyakit tanpa menimbulkan efek samping.

2. Lingkungan Makro
a. Lingkungan ekonomi
1) Ketidak seimbangan pasar terhadap harga bahan baku menyebabkan produksi jamu tidak dapat memproduksi maju mundurnya suatu usaha.
2) Besar kecilnya pajak yang wajib dikeluarkan berdasarkan industri yang dibangun sangat mempengaruhi maju mundurnya suatu usaha. Pajak yang dikenakan atas industri ini berupa PPh, PBB, Bea Cukai dan lain-lain.

3) Beban biaya yang dikeluarkan claim dari pajak antara lain retribusi, beban penggunaan listrik bagi industri, beban angkut dan lain-lain,

b. Lingkungan alam
1) Bangkitnya gerakan lingkungan
2) Mengolah limbah menjadi limbang ramah lingkungan

c. Lingkungan tehnologi
Tegnologi yang dimiliki perusahaan Sido Muncul sangat mempengaruhi produk –produk yang dihasilkan. Perusahaan Sido Muncul di pasaran mempunyai tempat yang bagus sehingga Sido Muncul sangat mempengaruhi peredaran jamu di Indonesia.

d. Lingkungan politik
Setiap perusahaan pasti diatur oleh undang-undang. Perusahaan sido muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi UU RI no 7 tahun 1963 tentang farmasi, pasal 4 tentang produksi dan distribusi perbekalan di bidang farmasi di tetapkan dengan peraturan. Perundang-undangan misalkan tentang perihal impor/ekspor penyedia obat-obatan ditetapkan dengan peraturan pemerintah. Hal-hal mengenai konsumsi dan pekerjaan kerfarmasian diatur dengan peraturan menteri kesehatan.

e. Lingkungan kulturan
Perusahaan Sido Muncul dalam pembuatan produk-produknya menggunakan bahan-bahan alami atau herbal dan mengolahnya dengan tradisional.

B. Analisis SWO
1. Ringkasan SWOT
a. Strength
1. SDM yang handal
PT Sidomuncul di dukung lebih dari 2000 karyawan dengan tingkat pendidikan yang bervariasi dan ditempatkan sesuai dengan keahliannya serta Sido Muncul juga memiliki tenaga ahli juga memiliki tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu.

2. Fasilitas pabrik yang lengkap
Dengan standar pabrik CPOB (Standar Pabrik Farmasi) maka Sido Muncul memiliki berbagai fasilitas guna mendukung produksi.
3. Merupakan perusahaan jamu terbesar di Indonesia
Sido Muncul merupakan pabrik jamu terbesar yang ada di Indonesia dan merupakan pionir bagi pabrik jamu lainnya.
4. Distribusi tersebr di seluruh wilayah Indonesia
Sido muncul berhasil menarik pelanggan di seluruh wilayah di Indonesia, baik daerah perkotaan maupun pedesaan maka dari itu distribusi produk Sido Muncul juga menyeluruh hingga ke seluruh wilayah Indonesia.
5. Produk terjangkau
Harga dari produk PT Sido Muncul sangat terjangkau pada seluruh lapisan masyarakat.

b. Weakness
1. Beberapa tahun lalu bintang iklan PT Sido Muncul menggunaka Sophia Latjuba yang kemudian terjaddi masalah pribadi (antara Sophia Latjuba dan kekasihnya yang berasal dari Amerika) sehingga menyebabkan iklan itu jarang muncul di TV tetapi sudah diselesaikan dengan menggunakan bintang iklan yang baru

2. PT Sido Muncul belum mempunyai alat untuk mengeringkan bahan baku sehingga hanya mengandalkan cara tradisional (matahari) sehingga pada musim hujan pengeringan tidak sempurna. Untuk mengatasi masalah tersebut PT Sido Muncul mengambil bahan baku dari pengumpul.

c. Opportunity (Kesempatan)
1) Teknologi
Diera modern ini dibutuhkan peralatan/teknologi yang canggih untuk mendukung proses kerja yang dituntut serba cepat dan higienis karena PT Sido Muncul yang merupakan pabrik berstandar pabrik farmasi memiliki fasilitas laboratorium, pengolahan air bersih, pengolahan air limbah.
2) Selera masyarakat Perubahan gaya hidup serba instant membuat masyarakat kembali kepada produk-produk herbal (obat-obatan tradisional), karena dirasa produk-produk herbal dapat memberikan banyak manfaat dan tidak menimbulkan efek samping. Hal ini sejalan dengan misi PT Sido Muncul
3) Menjadi sponsor dalam berbagai promosi kesehatan
Dengan menjadi salah sati sponsopr dalam berbagai kegiatan promosi kesehatan dapat membentuk suatu image yang bagus.

d. Threatment/ancaman
1) Pesaing
(a) Karena kini slera masyarakat banyak yang beralih kepada obat-obat tradisional, menyebabkan permintaan akan produk-produk herbal terus meningkat, sehingga PT Sido Muncul yang merupakan perusahaan jamu pertama kali di Indonesia menjadi besar dan berkembang dan tidak heran jika saat ini banyak pesaing-pesaing yang mencoba mendirikan perusahaan obat tradisional dan tidak tanggung-tanggung mencoba untuk menjatuhkan image produk Sido Muncul dengan cara “Memlesetkan” salah satu iklan dari PT Sido Muncul.
(b) Jamu-jamu bahan kimia obat (BKO) yang merebak di Indonesia saat ini (ex : Koperasi perusahaan jamu BKO di Cilacap) menjadi sebuah persaingan yang tidak sehat di industri jamu, perusahaan-perusahaan tersebut hanya mencari keuntungan semata, dan tidak memikirkan bahayanya terhadap konsumen.

2) Krisis ekonomi
Ditengah krisis ekonomi saat ini menyebabkan kondisi bahan-bahan baku produk tidak stabil, pembiayaan proses produksi, distribusi dan lain-lain menjadi semakin mahal, karenanya dibutuhkan solusi yang tepat bagi PT Sido Muncul untuk menyiasati kondisi seperti ini.

2. Analisis dan Kuadran SWOT
a) Analisis IFAS (Internal Factor Analysis Survey)

a. Analysis IFAS
i. Strength

No Ketarangan 3 2 1

1.
2.
3.
4.
5. SDM yang handal
Fasilitas pabrik yang lengkap
Perusahaan jamu terbesar
Distribusi tersebar diseluruh wilayah Indonesia

Produk terjangkau √








Jumlah 3 2 –

Nilai X jumlah 9 4 –

Total 13


ii. Weakness

No Ketarangan 3 2 1

1.
2. Bintang iklan “Shopia”

Alat pengering –

-
√ √

Jumlah 3 2 1

Nilai X jumlah 2 1

Total 3


b) Analisis EFAS (Exsternal Factor Analysis Survey)

iii. Opportunity

No Ketarangan 3 2 1

1.
2.
3. Teknologi

Selera masyarakat

Sponsor √



Jumlah 1 2 –

Nilai X jumlah 3 4 –

Total 7

iv. Treatment

No Ketarangan 3 2 1

1.
2.
3. Pesaing perusahan jamu

Jamu BKO

Krisis ekonomi √





Jumlah 2 1 –

Nilai X jumlah 6 2 –

Total 8
b. Kuadran SWOT

Sumbu x Sumbu y

S – W = 13 – 3 O – T = 7 – 8

= 10 = -1


D. Alternatif Strategi
PT Sido Muncul hendaknya menggunakan S (Strenghth) untuk mengatasi T (Threatment), sehingga PT Sido Muncul melakukan difersifikasi produk.
Hal ini selaras dengan strategi yang telah digunakan PT Sido Muncul saat ini, yaitu dengan cara memproduksi berbagai produk diantaranya :
1. Kuku Bima (4 macam)
2. Tolak Angin (3 Macam)
3. Permen (2 Macam)
4. Jamu Tradisional (56 macam)
5. Jamu Komplit Instan (4 macam)
6. Jamu Komplit (6 macam)
7. Food Suplemen (34 macam)
8. Minuman Kesehatan (17 macam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar